KODIM 0711/PML GELAR UPACARA PEMBUKAAN TMMD SENGKUYUNG TAHAP II TAHUN 2017

            Kodim 0711/Pml (04/07)., Kodim 0711/Pemalang menggelar Upacara Pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2017, di Lapangan desa Penggarit Kec. Taman Kab. Pemalang, Provinsi Jawa Tengah (Jateng), pada Selasa (04/07) Selaku Irup H. Junaedi SH MM bupati pemalang, Komandan Upacara Danramil 05/Ulujami Kapten Inf Heri Purnomo,  dengan Peserta upacara 1 unit Korsik Polres Pemalang, 3 SST Pasukan Kodim 0711/Pemalang, 1 SST  TNI AL, 1 SST Polres Pemalang, 1 SST Linmas Kec. Taman, 1 SST Korpri, 3 SST Ormas, 3 SST Masyarakat.

Irup H.M Junaedi SH.MM bupati pemalang secara simbolis menyerahkan peralatan kerja kepada ketiga perwakilan, serta dilanjutkan pemukulan kentongan secara bersaama sama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Pemalang tanda dibukanya TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2017 di wilayah Kodim 0711/Pemalang.

           DSC_0029aaDalam Amanatnya  Gubernur Jawa Tengah (Jateng) H. Ganjar Pranowo, S.H., M.I.P., yang dibacakan Irup H.M Junaedi SH.MM bupati menyampaikan Membahagiakan hari ini kita dapat berdiri di sini untuk satu semangat dan aksi demi Ibu Pertiwi, dan demi masyarakat yang sejahtera berdikari dalam satu wadah NKRI. Maturnuwun dan apresiasi TMMD kembali digulirkan, yang kali ini waktunya masih di bulan syawal. Karena itu, atas nama pribadi, keluarga dan mewakili Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, saya menyampaikan “Selamat merayakan Idul Fitri 1438 H”. Mohon maaf lahir dan batin. Semoga hikmah Ramadhan dan Idul Fitri semakin memperkuat iman dan taqwa kita kepada Allah SWT, menjadi momentum luar biasa untuk saling memaafkan dan menambah semangat baru dalam merajut kebersamaan serta kegotongroyongan demi menata dan membangun kehidupan yang semakin baik.

Saya yakin dalam kebersamaan dan kegotong royongan yang terus kita kembangkan, banyak kemudahan yang kita dapatkan untuk mengatasi persoalan kini dan yang ada di depan. Bersama saatnya kini kita torehkan karya yang punya nilai kebaikan dan membahagiakan. Bersama kita uraikan benang kusut persoalan dengan solusi tepat dan mensejahterakan.

TMMD telah banyak memberikan pelajaran berharga betapa penting dan luar biasanya semangat gotong royong membangun bangsa. Semua bahu membahu, memberikan sumbangan pikiran, ide dan gagasan, sumbangan tenaga dan keterampilan, sumbangan materi dan kebendaan, dll.

Saya selalu merasa senang atas kegiatan-kegiatan yang berbasis kegotong royongan untuk kemaslahatan, sebagaimana TMMD. Membangun jalan dan jembatan bebarangen. Sudah banyak yang temoto dan sangat membantu aksesibilitas masyarakat untuk mereka yang akan bekerja, bersekolah, beribadah, berkegiatan sosial, dan aktivitas lainnya. Kemudian memugar RTLH, membangun jambanisasi, ataupun sanitasi. Sangat baik untuk meningkatkan derajat kehidupan masyarakat yang lebih layak dan sehat.

Belum lagi upaya-upaya pemberdayaan masyarakat untuk mengentaskan kemiskinan. Ini luar biasa di tengah upaya kita mengatasi persoalan kemiskinan Jawa Tengah yang angkanya masih cukup tinggi yaitu 13,19% pada tahun 2016. Tidak ketinggalan upayanya untuk terus mengedukasi masyarakat tentang nasionalisme, tentang ancaman terorisme dan radikalisme, serta bahaya narkoba. Ini sangat penting dan strategis ditengah berbagai persoalan kebangsaan kita dewasa ini.

Jadi, TMMD bukan semata membangunkan sarana fisik bagi masyarakat desa. Tapi, dalam TMMD juga membangunkan semangat dan percaya diri masyarakat agar mampu mengelola potensi yang dimiliki serta kesiapsiagaan menghadapi setiap ancaman dan tantangan yang sedang dan akan dihadapi.

Kita ingin rakyat itu makin sejahtera dan mandiri. Kita juga ingin rakyat punya daya tangkal dan daya cegah terhadap berbagai hal yang menjadi ancaman terhadap keutuhan bangsa. Begitupun kalau rakyat ditanya, tentu mereka juga menginginkan kehidupan yang sejahtera. Pun saya yakin mereka juga ingin memberi banyak kontribusi bagi negeri. Itulah satu keinginan dan satu tujuan yang harus diintegrasikan dalam satu langkah nyata untuk membangun desa, dan kehidupan rakyatnya yang makin baik, layak, sehat dan sejahtera lahir maupun batin

Dalam kegiatan Ops TMMD Sengkuyung tahap II TA. 2017 wilayah Kodim 0711/Pemalang di desa Penggarit Kec. Taman Kab. Pemalang  akan melaksanakan kegiatan sasaran fisik pembuatan rabat beton jalan penjang 943 meter, lebar 2,5 meter dan tebal 15 centimeter.  Jalan tersebut merupakan arus perekonomian antara desa Penggarit dengan desa tetangga yaitu desa Pener Kec.Taman. adapun  Sasaran non fisik antara lain Pelayanan Keluarga Berencana, pemeriksaan kesehatan, Penyuluhan pertanian,  Penyuluhan kamtibmas, bahaya Narkoba dan miras, Penyuluhan hukum terpadu,  Penyuluhan UU No. 22 tahun 2009 tentang lalu lintas,  Penyuluhan radikalisme dan terorisme,  Penyuluhan tentang bencana alam, Penyuluhan pajak retribusidaerah,  Donor darah dan  Pemutaran film.

Setelah pelaksanaan upacara Bupati Pemalang menandatangani prasasti peresmian Masjid Nurul Iman selanjutnya rombongan Forkopimda Kab. Pemalang, peserta upacara dan tamu undangan lainnya disuguhkan pertunjukan Tarian Kebo ijo dari sanggar Kaloka pemalang serta dilanjutkan pengecekan pelayanan KB dan Kesehatan oleh  Puskesmas Taman. Selanjutnya rombongan Forkopimda Kab. Pemalang meninjau lokasi sasaran fisik Ops TMMD Sengkuyung tahap II TA. 2017 di wilayah Kodim 0711/Pemalang.

Hadir dalam acara tersebut Forkopimda Kab. Pemalang,  Ka SKPD Kab. Pemalang,  Muspika se Kab. Pemalang,  Kades se Kec. Taman,  Toga dan Toma Kec. Taman dan  TP PKK Kec. Taman.